Dikaji Adat nan ampek, itu pusako tanah Minang. Nak tuah cari sapakaik, nak cilako bueklah silang. -- selengkapnya...

Artikel

PEMBENTUKAN MENTAL DAN AKHLAK ANAK MELALUI KEGIATAN DIDIKAN SHUBUH

28 Oktober 2019 10:58:01  Ali Murdin  311 Kali Dibaca  Berita Lokal

Koto Tinggi, 28 Oktober 2019.

Didikan subuh merupakan sarana untuk membentuk mental, keberanian, komunikasi, disiplin dan akhlak anak. Hal inilah yang dilakukan disetiap TPA/MDTA/TPQ di Nagari Koto Tinggi, umumnya di Kec. Enam Lingkung, untuk menghasilkan generasi muda yang profesional serta religius. Didikan shubuh juga berfungsi untuk membangun silaturahmi dan hubungan kekeluargaan diantara anak didik. Hal ini jugalah yang menginspirasi Lembaga Didikan Shubuh Kecamatan Enam Lingkung untuk melaksanakan didikan shubuh gabungan yang dalam pelaksanaannya akan digilir disetiap TPA/MDTA di seluruh Korong di Nagari dalam Kec. Enam Lingkung.

Pada hari Minggu, tanggal 27 Oktober 2019 bertempat di Surau Kariang Korong Rimbo Dadok Nag. Koto Tinggi terpilih menjadi tempat pelaksanaan Didikan Shubuh gabungan. Kegiatan ini di ikuti oleh 45 TPA/ MDTA/ TPQ yang terdapat di Kec. Enam Lingkung, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kemenag Kab. Padang Pariaman, bapak camat Kec. Enam Lingkung, dan Perangkat Nagari Koto Tinggi serta Tokoh masyarakat dalam Nagari Koto Tinggi. Pelaksanaan didikan shubuh di Surau Kariang Korong Rimbo Dadok, mendapat sambutan yang sangat positif dari seluruh lapisan masyarakat.

" Jika diperbolehkan, kami bersedia menjadi tuan rumah sekaligus pelaksana dua kali dalam satu semester" jawab Wali Korong Rimbo Dadok, Bapak Toni Akbar disela-sela pembicaraan saat mengikuti kegiatan.

Menurut salah satu pembimbing didikan Shubuh MDTA AlHidayah Korong Rimbo Dadok, Kartina Tanjung S. Ag mengatakan bahwa didikan shubuh selain membentuk mental dan karakter anak juga menjadi ajang silaturahmi dan kekeluargaan antar korong dalam nagari dan kecamatan, juga sebagai ajang evaluasi bagi guru dalam penyampaian materi.

"Didikan subuh merupakan sarana refreshing bagi anak-anak dengan berkumpul dengan teman-teman dari berbagai TPA/ MDTA. Kegiatan ini bisa menjadi sarana evaluasi oleh guru untuk memantau sejauh mana materi yang telah diberikan oleh santri MDA. Manfaat yang paling penting diadakannya didikan subuh ini adalah sebagai sarana silaturohim sesama santri-santriwan dimana ada pertemuan secara umum tanpa klasikal, disinilah ajang untuk melatih kerukunan, kekompakan dan saling menyayangi antara adik dan kakak dan untuk menyemangati mereka kami pengurus Didikan shubuh gabungan melaksanakan kegiatan ini dalam bentuk lomba dengan hadiah sederhana". Ungkap Kartina Tanjung.

Kegiatan Lomba yang di selenggarakan dalam kegiatan didikan shubuh ini meliputi tiga bidang :

1. Kedatangan dan ketauladanan TPA/ MDTA 

2. Lomba Infak Terbanyak

3. Penampilan anak didik

Didikan subuh merupakan sebuah kegiatan yang potensial dalam mendidik anak-anak tentang ajaran Islam dan membentengi generasi muda dari pergaulan bebas, penyalahgunaan obat terlarang serta perilaku menyimpang.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Syekh Burhanuddin Korong Kampung Kec. Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman
Nagari : Koto Tinggi
Kecamatan : Enam Lingkung
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25584
Telepon :
Email : kototinggi_nagari@yahoo.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:25
    Total Pengunjung:60.279
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0